Thursday, July 28, 2016

Wawancara Peningkatan Mutu Pendidikan di Taman Kanak-Kanak

Hasil Wawancara :
1.      Pewawancara : Bagaimana cara meningkatkan mutu pendidikan di TK Batik Perbaik?
Narasumber : Cara meningkatkan mutu pendidikan di TK ini yaitu dengan menambah kegiatan di sekolah atau kegiatan ekstra kurikuler seperti shalat di hari Jum’at, les tari, les Bahasa Inggris sehingga anak didik akan merasa  berminat dan lebih tertarik dengan kegiatan yang ada di sekolah karena ini semua dapat menjadi bekal mereka untuk masuk ke sekolah dasar.

2.      Pewawancara : Apa hubungan Manajemen Sekolah dengan Mutu Pendidikan?
Narasumber : Manajemen sekolah atau yang kami kenal dengan program kerja sekolah sudah diatur dari yayasan. Kita sudah diberi program dari yayasan untuk peningkatan mutu pendidikan. Istilah lainnya, sudah ada kisi-kisi dari yayasan dan tugas sekolah hanya menjalankan. Jadi jika program kerja itu dapat berjalan dengan baik maka mutu pendidikan di sekolah ini juga semakin meningkat.

3.      Pewawancara: Bagaimana manajemen sekolah berperan dalam pengembangan mutu pendidikan?
Narasumber: Para guru sering dikirim untuk ikut pelatihan sehingga dapat meningkatkan bekal guru untuk disampaikan kepada murid-murid. Sistem belajar-mengajarnya selalu mengikuti apa yang didapat dari pelatihan.

4.      Pewawancara : Apakah fungsi manajemen sekolah?
Narasumber : Di taman kanak-kanak manajemen sekolah lebih dikenal sebagai program kerja. Ada program kerja tahunan dan program kerja semester. Dari program tahunan dibuat ke semester kemudian dibuat lagi ke mingguan. Yang membuat program kerja tahunan adalah kepala taman kanak-kanak atau kepala yayasan, setelah menjadi program kerja semester kemudian diturunkan kepada guru. Dan para guru yang bertanggung jawab dan melaksanakan program kerja tersebut.

5.      Pewawancara : Apabila program kerja tersebut belum berjalan dengan baik, apa yang akan dilakukan?
Narasumber : Program tahunan tersebut setiap tahun diganti, apabila salah satu program tahunan  tersebut ada yang belum terpenuhi di tahun tersebut maka kita akan melaksanakan program kerja tahunan yang selanjutnya tetapi yang harus dilaksanakan terlebih dahulu adalah program kerja di tahun tersebut.

6.      Pewawancara : Menurut Anda bagaimana mutu pendidikan di sekolah ini?
Narasumber : Kita sudah mendapatkan akreditasi A+ dan kita akan berusaha mempertahankan akreditasi tersebut. Pada tahun 2013 akan ada akreditasi kembali dan kita sudah mempersiapkan untuk hal tersebut agar bisa mendapat akreditasi A lagi.
  
Kesimpulan :
Dari hasil wawancara yang kami lakukan menurut pendapat kami mutu pendidikan dan manajemen sekolah (program kerja) di Taman Kanak-kanak ......... sudah baik karena di sekolah tersebut sudah ada penambahan kegiatan ekstra kurikuler yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik. Guru-guru di sekolah tersebut juga sudah mengikuti pelatihan-pelatihan sehingga kualitas para guru semakin maju. Terbukti dari akreditasi yang dimiliki taman kanak-kanak tersebut.

Sama dengan kelompok 2 (peningkatan mutu pendidikan di sekolah PAUD) karena kami melakukan wawancara pada waktu, sekolah serta narasumber yang sama.