A.
UNTUK
READING SKILLS
1.
INFORMASI
TERSIRAT
·
Apa
itu informasi tersirat?
Informasi tersirat dalam teks adalah
informasi yang diperoleh sebagai hasil kesimpulan pembaca berdasarkan clue-clue
dalam teks seperti kata, bilangan, ungkapan, kalimat, dan lain-lain. ·
Bagaimana menemukan informasi tersirat dalam teks?
Misalkan ada sebuah
pertanyaan: What is Mr. Aldi like? (Pak Aldi itu seperti apa orangnya?). Bila
kita mencari jawaban soal ini dalam teks dan ternyata tidak ada jawabannya
secara jelas, maka sebaiknya kita “mencurigai” pertanyaan itu menanyakan
informasi tersirat dalam teks. Setelah itu barulah kita mencari clue-clue yang
tepat dan berdasar clue-clue itu kita simpulkan informasi apa yang hendak
disampaikan si penulis. Misalkan teks yang
dibaca diantaranya memuat kalimat-kalimat yang kita “curigai” sebagai clue-clue sebagai berikut: “ This is Anggora ………
He always makes people laugh. People always wait for his program. ………………..” Kalimat pertama: This
is Anggora, belum menjadi clue. Demikian juga kalimat: People always wait for
his program. Tetapi berdasarkan kalimat: He always makes people laugh, kita
dapat menyimpulkan bahwa Anggora itu lucu orangnya. Misal pertanyaan lengkap soal
pertanyaan di atas sebagai berikut: What is Mr. Anggora like?A. Kind
B. Funny
C. Serious
D. Clever
Bila
kita baca jawaban di atas jelas bahwa jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas
adalah B· Informasi tersirat apa saja
yang ditanyakan dalam UN?
Selain aneka informasi berdasarkan
clue-clue dalam teks, bisa juga yang ditanyakan tujuan komunikatif teks. Untuk
mengetahui ini kita perlu memahami struktur teks dan bagaimana ide dalam teks
itu diorganisir (langkah retorika). Misalkan bila teks itu ber struktur orientation, events dan diakhiri dengan comment,
maka teks itu merupakan teks recount dan tujuan komunikatifnya adalah to retell one’s past experience.
2.
INFORMASI
RINCI TERSURAT
·
Apa
itu informasi rinci tersurat?
Informasi rinci tersurat dalam teks
adalah informasi yang tertera atau terdapat dalam teks tapi untuk mencarinya
perlu membaca teks secara seksama. Biasanya informasi ini tercecer di sana sini
dan kita harus mengumpulkannya. Ciri khas pertanyaan ini di antaranya memakai
kata tanya why. Selain itu ada pula pendapat lain yang
terkait dengan informasi jenis ini. Misalkan ada kalimat yang berbunyi semalam
saya pergi ke Bogor. Informasi ke Bogor naik apa, dengan siapa dan mengunjugi
siapa menjadi informasi rinci. ·
Bagaimana
menemukan informasi rinci tersurat dalam teks?
Untuk menemukan informasi ini tentu saja kita harus memahami pertanyaannya
terlebih dahulu.Misal pertanyaan itu memakai kata tanya why, maka kita perlu
membaca kalimat-kalimat dalam teks yang merupakan alasan dari pertanyaan
tersebut yang tempatnya bisa jadi berada di kalimat lain atau paragraph lain. Misal:Why are native animals in danger of
extinction? However, the greatest threat to native
animals is posed by human beings. Although the hunting of some native animals
by people is now illegal, as the population grows and residential areas
increasingly take the place of bushland, natural food resources are destroyed.
As a result, native animals are faced with extinction. · Informasi rinci tersurat
apa saja yang ditanyakan dalam UN?
Untuk menghadapi UN nanti ada baiknya
bila informasi jenis ini disikapi juga dengan menyiapkan informasi tertentu sebagai bagian dari jenis ini. informasi tertentu adalah informasi tentang
apa, siapa, dimana dan bagaimana yang dapat dengan mudah ditemukan dalam teks.Misal:1. How
far is Kasuarina cape from Sorong town?
2. What
is the cape good for?
Named
after the big casuarina trees which grow in the area, Kasuarina cape is just
two kilometers from Sorong town on the Bird’s Head peninsula of northern Papua.
It is good for swimming and recreation.3.
MENENTUKAN
ARTI KATA/FRASA/KALIMAT.
· Apa itu arti kata?
Yaitu maksud yang terkandung di dalam
suatu kata , atau kalimat.(Kamus Besar Bahasa Indonesia) Ciri khas pertanyaan arti kata ini sbb:a. “It
is weird”
What does the word “weird” in the
sentence mean?b. “It’s
weird.”
The word “weird” means … .c. “It’s
weird.”
The word “weird” is similar in meaning
to … . ·
Bagaimana
menemukan arti kata dalam teks?
Kata dalam bahasa Inggris bisa
mempunyai beberapa arti. Coba perhatikan contoh berikut dan tebak apa arti kata
love pada masing-masing kalimat: a. I
love watching old movies on TV.
b. Young children need unconditional love.c. Music was his greatest love
but he also liked ballet.d. The score of the game was two love. Tentu saja arti kata love di atas berbeda-beda satu sama
lain. Hal ini tergantung pada context
dan cotex*) nya. Makna kata love
pada kalimat terakhir pasti bukan cinta karena tidak cocok dengan baik
konteks maupun cotextnya. Karena terkait dengan olah raga dan lebih khusus lagi
terkait pada score olah raga bisa ditebak kalau arti kata love itu adalah
kosong (zero) bukan sama apalagi cinta. Jadi untuk menentukan arti kata mana
yang tepat sangat tergantung pada konteks dan cotextnya. ·
Arti
kata apa saja yang ditanyakan dalam UN?
Suatu kata bisa memiliki arti konotasi
dan denotasi. Terkait dengan arti kata ini dulu siswa sering dihadapkan pada pertanyaan
tentang synonym dan antonym suatu kata. Untuk menghadapi UN
nanti ada baiknya bila kita hanya memfokuskan pada arti dan synonym kata saja, seperti yang
dicontohkan di atas. 4.
MENENTUKAN
NILAI MORAL TEKS
·
Apa
itu nilai moral teks?
Dalam bahasa Inggris ada teks yang
memang dengan sengaja di tulis dengan tujuan untuk mengajarkan nilai-nilai
moral terentu. Tes yang dimaksud adalah teks berbentuk narrative. Namun demikian perlu dipahami bahwa tidak semua teks
narrative memuat pengajaran nilai moral. Ciri khas pertanyaan tentang nilai
moral ini adalah diantaranya: a. What
is the moral value of the text?
b. What
moral value can you learn from the text?
c. What
do you learn from the text?
·
Bagaimana
menentukan nilai moral suatu teks narrative?
Nilai moral suatu teks dapat dipahami
dari kalimat-kalimat yang digunakan dalam teks dan biasanya kalimat itu
menunjukkan perbuatan-perbuatan yang patut diteladani orang. Namun demikian bisa juga terjadi tidak
menunjukkan secara langsung sehingga kita mesti menarik suatu kesimpulan nilai
moral apa yang hendak disampaikan. Read the text and answer the question.
What is the moral value that you can
learn from the story?a. Good
people deserve good rewards.
b. Tricky
people often deceive the stupid ones.
c. There
is life that people have after their death.
d. Do not be
a bad man for you can hurt people’s feeling.
One day, a man who made his living
tricking people stopped a good woman on the road.
“Who are you?” asked the woman. “Where do
you come from?”
“I fell from the sky?” The man replied craftily.
“Oh really.” The woman’s face lit up.
“Then maybe you have met my husband. He died last year.”
“Certainly I know him, but he is not doing
very well. He hasn’t found a job yet and he hasn’t got enough food to eat or
enough clothes to wear.”
“The poor man!” cried the woman. “If I
give you some clothes, can you take them up to him?”
“No, I’m sorry but it’s forbidden to take
clothes into paradise,” replied the man. “But I think I can manage to smuggle
some money to him. Nobody would find a
little money bag hidden in a pocket.”
“Oh, thank you, then please take this.
It’s all my savings,” The woman gave the man a little pile of money. She was
so grateful to him for doing her such a kind service.
“Well, who would have thought”, she kept
repeating, “that in paradise my husband would be lacking even the bare
necessities.”
|